KALENDER BALI

FOTO GURU DAN PEGAWAI SMPN 1 PENEBEL

Daftar Guru Dan Pegawai (Foto)

INGAT..! IDENTITAS DIRI KITA SEBAGAI GURU PROFESIONAL

ADMINISTRASI GURU PROFESIONAL

Selasa, 26 Juni 2018

Menjadi Guru Profesional dengan Teknologi



Diera Globalisasi sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi semua bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Hal ini ditandai dengan munculnya teknologi komputer. Bahkan perkembangan tersebut semakin pesat karena didukung dengan fasilitas Internet yang dapat mempermudah kita memperoleh suatu informasi.
Dengan fasilitas internet ini seorang guru bisa membuat berbagai macam strategi, metode dan media pembelajaran guna mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Di Indonesia sebagian guru sudah menguasai teknologi komputer dan internet, akan tetapi masih ada pula sebagian guru yang belum paham dan belum bisa mengoperasikan komputer dan internet itu sendiri. Karena itulah di perlukan suatu Diklat/pelatihan bagi guru-guru untuk dapat menguasai teknologi komputer dan internet guna untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi materi pembelajaran kepada siswa dan siswinya.
 Awalnya saya adalah seorang guru belum terlalu paham mengenai teknologi komputer dan internet. Namun setelah mengikuti DOGMIT Indonesia Mulai Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Pak Sukani , saya mulai memahami sedikit demi sedikit ilmu teknologi komputer itu sendiri. Adapun yang saya pelajari selama mengikuti DOGMIT yaitu, membuat media pembelajaran interaktif melalui aplikasi,Internet for Teacher,Membuat Blog pembelajaran dengan Wordpress,Membuat Digibook Pembelajaran,Membuat Quiz Interaktif dengan Ispring,Membuat bahan ajar berbentuk video animasi,Mengubah video menjadi animasi,3D Pageflip for PPT,Mind Map,Schoolhouse test,Zoomlt dan pointer Stick,Camtasia Studio,Snapshot dan Screencast,Whiteboard Animation,MPI Berbasis Multimedia dengan PPT,focusky,Mengontrol Sikap siswa di Sekolah dengan teknologi berbasis Android,Pemanfaatan Digital Portofolio/Seesaw,Flubaroo,Lockdir,Anatest,NitroPDFdan Colorize untuk pendidikan,Plickers,Zipgrade,Snipping Tool dan Google Drive,Edugame,dll

Sedangkan dengan mempelajari fasilitas internet selama mengikuti DOGMIT saya tau cara bagaimana mengunduh materi pembelajaran, mengirim dan menerima informasi atau tugas-tugas yang diberikan oleh tutor melalui email. Selain itu sesama guru dapat saling bertukar pikiran atau sharing melalui forum online yang telah disediakan . Untuk menyimpan file berupa materi dan media pembelajaran yang sudah dibuat, kami menggunakan aplikasi Google Drive,4Shared dan Dropbox yang sudah tersedia didalam sistem jaringan internet itu sendiri.
Besar harapan saya DOGMIT seperti ini dapat di intensifkan lagi karena ada banyak manfaat yang dirasakan oleh guru-guru. Khususnya dalam membuat media dan materi pembelajaran. Bahkan dengan adanya DOGMIT ini saya mudah dalam memperoleh informasi dan bertukar pikiran dengan sesama guru mengenai perkembangan ilmu pengetahuan saat ini.
Para siswa pun lebih antusias dengan adanya media pembelajaran interaktif yang sudah saya pelajari selama DOGMIT. Dengan demikian, adanya DOGMIT ini memang memberikan manfaat kepada guru bahkan manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh siswa dan siswinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar